Pengaruh Lingkungan terhadap Organisasi atau Perusahaan - Educated12


Lingkungan adalah suatu elemen yang menentukan keberhasilan suatu organisasi untuk mencapai tujuan dan target. Lingkungan dalam konteks organisasi ini bukan hanya merupakan lingkungan fisik, lingkungan organisasi merupakan elemen-elemen diluar organisasi yang mempengaruhi organisasi tetapi sulit dipengaruhi oleh organisasi. Elemen-elemen tersebut dapat dicontohkan seperti masyarakat, pemerintah, kebijakan dan peraturan pemerintah, kompetitor, dan lain-lain.

Sebuah organisasi yang efektif pada suatu lingkungan tertentu belum tentu efektif pada lingkungan yang berbeda. Inilah pentingnya kita mempelajari teori organisasi dan lingkungan organisasi. Budaya organisasi dipengaruhi oleh lingkungan tempatnya berada, karena organisasi adalah sebuah sistem yang terbuka, yang selalu berdaptasi dengan lingkungan agar dapat meraih tujuannya. Lingkungan ini dapat berupa lingkungan sosial, politik, alam dan berbagai variabel lingkungan lainnya.

Secara lebih spesifik budaya organisasi juga berbeda di setiap organisasi, tergantung visi, misi dan strategi organisasi dalam upaya mencapai tujuannya. Berbagai sumber budaya organisasi ini menjadikan budaya setiap organisasi bersifat spesifik dan unik. Dari ancangan ini, maka budaya organisasi bersifat relatif dan tidak ada budaya yang baik atau buruk, tetapi yang ada adalah budaya itu sesuai atau tidak.

Berikut Lingkungan yang berpengaruh pada organisasi, yaitu :
Lingkungan Eksternal Meliputi :
1.     Lingkungan Sosial Budaya
Lingkungan ini mencakup kepercayaan, nilai-nilai, sikap, pandangan serta pola kehidupan yang dibentuk oleh tradisi, pendidikan, kelompok etnis, ekologi, demografis, geografis, serta agama dan kepercayaan dari sekelompok atau seluruh masyarakat tertentu.

2.    Lingkungan Politik dan Hukum
Lingkungan Politik dan hokum adalah lingkungan dalam suatu periode waktu tertentu yang akan menentukan operasi perusahaan, seperti kebijakan pemerintah dalam bidang perdagangan, undang-undang untitrus, undang-undang perpajakan, upah minimum, undang-undang hak paten, dan lain sebagainya. Terdapatnya  kestabilan  politik  dan kebijakan pemerintah yang sesuai dapat menciptakan suasana kondusif untuk mengembangkan aktivitas organisasi   di berbagai bidang. Pertimbangan hukum  juga  perlu  diperhatikan  perusahaan,  antara  lain  adanya  peraturan pemerintah  mengenai  pembentukan  dan  pengawasan  organisasi  yang membatasi  kebijakan  manajerial,  termasuk  dalam  hal  pengelolaan  sumber daya manusia.

3.    Lingkungan Teknologi
Lingkungan ini menyangkut perkembangan teknologi di daerah tertentu, misalnya di bidang Industri, tingkat kemajuan teknologi sangat memainkan peranan berarti pada penentuan produk dan jasa yang akan diproduksi, peralatan yang akan digunakan, dan bagaimana macam-macam operasi akan dikelola di lingkungan tersebut.

4.    Lingkungan Pesaing

lingkungan persaingan perusahaan tercermin dari tipe, jumlah dan norma perilaku organisasi-organisasi pesaing, dengan pemahaman lingkungan persaingan yang dihadapi, organisasi dapat mengetahui posisi persaingan, sehingga lebih mampu mengoptimalkan operasi-operasinya. Manajer  dari  perusahaan  besar  maupun  kecil  yang  ada  di  dalam  negeri  semakin  ditantang  dengan  meningkatnya  jumlah  pesaing  sebagai  dampak  dari  adanya  pasar  global  yang  merupakan  bagian dari lingkungan eksternal.

5.    Lingkungan Instansi Pemerintah
Kebijakakan instansi pemerintah sangat berpengaruh terhadap aktifitas perusahaan dalam banyak hal, seperti peraturan-peraturan, syarat-syarat berdirinya perusahaan, perizinan, perpajakan, pemberian pinjaman dari bank-bank pemerintah dan pembatasan-pembatasan terhadap perusahaan untuk melindungi masyarakat dan lingkungan.

6.    Lingkungan Ekonomi
Lingkungkan ekonomi merupakan kemajuan ekonomi di daerah tertentu yang berpengaruh langsung terhadap organisasi, seperti Tingkat  inflasi, masalah pengangguran, tingkat pertumbuhan  pendapatan  nasional,  keadaan  neraca  pembayaran,  kondisi  pasar saham serta fluktuasi kurs valuta asing dan suku bunga, secara umum adalah  beberapa  faktor  ekonomi  yang  mempengaruhi  praktik  manajemen dalam  aktivitas.  Terdapat  hubungan  timbal  balik  antara  keadaan perekonomian  dan  aktivitas     atau  dunia  usaha. Kestabilan  dan pertumbuhan  ekonomi  akan  mendorong  perkembangan dunia  usaha,  dan sebaliknya  perkembangan  dunia usaha akan mewujudkan kestabilan  dan pertumbuhan ekonomi.

Lingkungan Internal, Meliputi :
1.     Lingkungan Pekerja atau karyawan
Pekerja merupakan orang-orang yang bekerja di dalam lingkungan suatu perusahaan atau organisasi yang menginginkan imbalan berupa upah atau gaji, sementara manajer menginginkan adanya kinerja yang tinggi. Karyawan dituntut untuk meningkatkan kinerjanya agar lebih kreatif, memiliki motivasi yang tinggi, loyalitas, dan disiplin guna untuk kemajuan suatu organisasi atau perusahaan.

2.    Pemegang Saham
Tanggung jawab pemegang saham didasarkan pada seberapa  besar saham mereka terhadap perusahaan. Jika perusahaan memperoleh keuntungan maka mereka  memperoleh imbalan sebesar yang mereka sertakan. Rapat Umum Pemegang Saham biasanya melihat pergerakan profit dan kinerja perusahaan dan dampak laba yang mereka dapatkan.

3.    Dewan Komisaris
Dewan komisaris mewakili kepentingan para pemegang saham dimana dewan komisaris memantau kegiatan dan mengawasi manajemen, serta memastikan kegiatan akan berjalan mencapai tujuan. Kedudukannya adalah independen terhadap manajemen.

Semakin besar ketidakpastian lingkungan yang dihadapi organisasi, maka semakin lingkungan itu membatasi pilihan-pilihan dan kebebasan para manajer. Strategi untuk menghadapi perubahan lingkungan dan ketidakpastian adalah melakukan penyesuaian terhadap perubahan lingkungan, melakukan pemantauan lingkungan secara tidak langsung, dan mempengaruhi lingkungan langsung. Lingkungan internal yang berpengaruh langsung dalam organisasi meliputi karyawan/pegawai organisasi dalam, serta pimpinan manajer.



Silakan Berkomentar yang Sopan, Komunikatif dan Membangun.
Terima Kasih atas Kunjungan Anda.

Emoticon