Peranan sistem teknologi informasi telah banyak bergeser
dari peranannya untuk efisiensi yaitu menggantikan manusia denan
teknologi informasi yang lebih efisien sampai keperannya untuk efktivitas
,yaitu menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan manajemen yang
efektif.sistem teknologi informasi sekarang digunakan sebagai senjata kompetisi
(competitive weapon) untuk memenangkan persaingan ,sistem informasi untuk
keunggulan kompetisi (competitive advantage) ini di sebut dengan sistem
informasi strategik (SIS) atau strategic information system.
A.
SISTEM INFORMASI STRATEGIK
Sistem teknologi
informasi di katakan strategik jika aplikasi dari satu atau lebih sistem-sistem
teknologi informasi tersebut untuk mendukung dan melaksanakan atau
mengimplementasikan satu atau lebih stategi-stategi kometisi.Tiga strategi umum
yangbiasanya perusahaan menerapkanuntuk menghadapi pesaingnya menurut Porter
(1985) adalah cost leadership,differentiation,focus.strategi lainnya yaitu innoation,alliance,dan
growth.
1.
Cost Leadership Strategy
Dikatakan mendukung
strategi ini jika mencapai posisi sebagai produsen dengan biaya terendah dalam
industri ,yaitu dengan cara:
a. menurunkan secara drastis biaya proses bisnis dengan
melakukan rekayasa proses bisnis (business process reenginneering)
b. menurunkan biaya dari pemasok ,dan
c. menurunkan biaya ke pelanggan.
2.
Differentiation Strategi
Dikatan mendukung
strategi ini jka dapat menyediakan produk atau jasa yang berbeda atau unik
dengan nilai yang lebih besar kepada pelangan dibandingkan dengan
pesaing-pesaingnya.yaitu dengan cara menggunakan teknologi informasi untuk
membuat produk atau jasa yang berbeda dan untuk mengurangi keuntungan diferensi
dari pesaing.
3.
Focus Strategi
Dikatan mendukung strategi ini jika dapat membantu perusahaan memfokuskan pada
produk atau jasa khusus di suatu niche khusus di dalam organisasi.
4.
Innovation Strategy
Dikatakan mendukung
strategi ini jika dapat menemukan cara khusus dalam berbisnis,yaitu dengan
menyediakan produk atau jasa inovasi terbaru yang belum dilakukan oleh
pesaing-pesaingnya,dengan cara:
a. membuat market baru dengan melibatkan teknologi informasi
b. membuat cara baru menjual produk dan jasa yang melibatkan
teknologi informasi.
5.
Alliance Stategy
Dikatan mendukung
strategi ini jika dapat membuat hubungan kerja sama yang menguntungkan
(information partnership) dengan pemasok,perusahaan lain dan bahkan dengan
pesaingnya,dengan cara menggunakan sistem informasi antar organsasi utuk
menghubungkan sistem –sistem perusahaan lain.
6.
Growth Strategy
Dikatan mendukung
strategi ini jika membantu mengembangkan dab mendiversifikasikan pasar.
7.
Quality Strategi
Dikatakan mendukung
strategi ini jika dapat membantu meningkatkan kualitas dari produk dan jasa
,dengan cara:
a. menggunakan robot,CAM atau CIM untuk meningkatkan
kualitas produk.
b. menggunakan teknologi informasi untuk peningkatan
berkelanjutan (continuous improvement) dari produk.
- Baca Juga : Nilai – nilai Individu dan Sikap Kerja
- Baca Juga : Desain Organisasi
- Baca Juga : KONSEP DASAR MANAJEMEN
- Baca Juga : Nilai – nilai Individu dan Sikap Kerja
- Baca Juga : Desain Organisasi
- Baca Juga : KONSEP DASAR MANAJEMEN
B.
SISTEM INFORMASI ANTAR ORGANISASI
Strategic information
system juga menghubungkan antara perusahaan dengan pemasok dan perusahaan
dengan pelanggan secara on-line.Cara utama untuk menarik teknologi
informasi keluar sampai ke pemasok atau kepelanggan ,yaitu dengan cara
mengembangkan suatu sistem yang disebut dengan interorganization systems (IOS)
.suatu IOS adalah sistem pengolahan data dan komunikasi data yang melibatkan
dua atau lebih organisasi .Tipe umum dari IOS yang menggunakan teknologi yang
standar adalah yang di sebut dengan electronic data interchange
(EDI),yaitu suatu penggunaan sistem komputer yang standar dibeberapa
organisasi terpisah untuk dapat mengirimkan data secara elektronik lewat
dokumen-dokumen bisnis.
Penerapan EDI
mempunyai beberapa keuntungan :
1. Mempercepat kegiatan bisnis.
2. Pengurangan modal kerja yang dibutuhkan.
3. Penghemat biaya.
4. Meningkatkan hubungan dengan pelanggan dan pemasok.
5. Memungkinkan untuk melakukan perdagangan internasional.
Sumber : Universitas Terbuka, Fekon, Rangkuman : Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen (EKMA4434)
Silakan Berkomentar yang Sopan, Komunikatif dan Membangun.
Terima Kasih atas Kunjungan Anda.
Emoticon