WEWENANG, DEPARTEMENTASI, HUBUNGAN PELAPORAN, DAN DESAIN KERJA

Ilustrasi Gambar : Pixabay.com
A. Wewenang
Ada dua pandanganyang menjelaskan wewenang formal(resmi)yang dipunyai 
Oleh manajer; pandangan  klasik (classical view) dan pandangan penerimaan (asseptance view)

1. Pandangan klasik
Ketika seseorang individu hidup disuatu negara atau organisasi, dia harus mematuhi peraturan – peraturan (hukum) yg berlaku dinegara atau organisasi tersebut jika tidak mau mematuhi peraturan yg berlaku sebagai konsepkuensinya dia harus meninggalkan organisasi tersebut atau mengubah peraturan jika memungkinkan.

2. Pandangan penerimaan
Pandangan ini dimulai dengan pengamatan bahwa tidak semua perintah dipatuhi oleh penerima perintah Chester 1. Barnard merupakan salah satu pendukung tersebut menurur Barnard, seseorang akan menerima perintah apabila dipenuhi empat kondisi berikut. (1) dia dapat memahami komunikasi. (2) dia percaya bahwa perintah tersebut tidak bertantangan dengan tujuan organisasi. (3) perintah tersebut tidak bertentangan dengan kepentingannya secara keseluruhan.(4) secara fisik dan mental,ia mampu menjalankan perintsh tersebut.



B. Hubungan pelaporan
Hubungan tersebut di gambarkan dengan garis yang menghubungkan kotak-kotak dalam bagan tersebut dan sering disebutsebagai rantai perintah(chain of command).
Seseorang dalam suatu organisasi pada akirnya harus bertanggung jawab terhadap keputusan yang di ambil.

1. rentang kendali(span of control)
A.V Graicunas mencoba menguantifika sikan rentang manajemen ,menurutnya,manejer mempunyai tiga jenis interaksi;(1) langsung dengan bawahan (hubungan tatap muka),(2)silang yang merupakan hubungan anatar bawahan,(3)kelompok yang merupakan hubungan antar kelompok bawahan

C. Pengelompokan kerja ( Departementalisasi)
Pada organisasi berkrmbang ,pendiri organisasi sudah tidak mampu lagi mengerjakan dan mengawasi kegiatan dalam organisasi.

D. Desain kerja
a. pendekatan mekanis atau spesialisasi
ide spesialisasi ini dapat ditelesuri lebih lanjut ke ekonom-ekonom klasik 
seperti Adam Smith(abad ke-18) Adam Smith menganjurkan pembagian kerja(division of labor) untuk meningkatkan produktivitas.

b. pendekatan motivasional
J.Richard Hackman dan G.R Oldham mengembangkan model desain kerja dengan tujuan memotivasi karyawan, menurut mereka dimensi kerja yang pokok mencakup lima hal; variasi keterampilan, identitas tugas ,arti atau pentingannya tugas,otonomi, dan umpan balik.

Sumber : Universitas Terbuka, Fekon, Rangkuman :  Mata Kuliah Manajemen (EKMA4116).


Silakan Berkomentar yang Sopan, Komunikatif dan Membangun.
Terima Kasih atas Kunjungan Anda.

Emoticon