KONSEP DASAR MANAJEMEN - EDUCATED12

Ilustrasi Gambar : Pixabay.com
          A.      Orgaisasi dan Manajer
1.      Pengertian organisasi
Organisasi bisa didefinisikan sebagai kelompok orang yang bekerja sama dan koordinasi untuk mencapai tujuan tertentu.
2.     Manfaat Organisasi
Secara spesifik, organisasi bisa memberikan manfaat berikut ini.
a.       Organisasi melayani masyarakat
b.      Organisai mencapai tujuan
c.       Organisasi memberi karier
d.      Organisasi memelihara ilmu pengetahuan
3.    Manajemen
Manajemen dapat didefinisikan melalui banyak cara. Berikut ini beberapa definisi manajemen.
a.     Manajemen adalah suatu proses saat suatu kelompok orang bekerja sama mengarahkan orang lainnya untuk bekerja mencapai tujuan yang sama (Massie dan Douglas)
b.     Manajemen adalah suatu proses bekerja sama dengan dan melalui lainnya untuk mencapai tujuan organisasi dengan efektif dan secara efisien menggunakan sumber daya yang terbatas di lingkungan yang berubah-ubah (Kreitnir).
c.     Manajemen adalah koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian supaya mencapai tujuan tertentu yang ditentukan (Sisk)
d.     Manajemen adalah menciptakan lingkungan yang efektif agar orang bisa bekerja di organisasi formal (Koontz dan O’Donnel)
e.     Manajemen kegiatan yang dilakukan oleh satu atau lebih orang untuk mengoordinasikan kegiatan yang dilakukan oleh orang lainnya  dan untuk mencapai tujuan yang tidak bisa dicapai oleh satu orang saja (Donnely, Gibson, Ivancevich)
f.      Manajemen adalah peencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, aktivitas anggota organisasi, dan kegiatan yang menggunakan sumber daya organisasi, untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditentukan (Stoner, Freeman, dan Gilbert)
g.     Manajemen adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, serta pengendalian sumber daya manusia dan sumber daya lainnyauntuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien (Jonas dan George). Menurut Mary Parker Follet, manajemen adalah seni mencapai sesuatu melalui orang lain.

Dari definisi-definisi diatas, manajemen dapat dapat didefinisikan sebagai berikut.
Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien dengan menggunakan sumber daya organisasi.”

Manajemen menginginkan tujuan tercapai dengan efektif dan efisien. Efisien adalah kemampuan menggunakan sumber daya dengan benar dan tidak membuang-buang sumber daya yang tidak perlu. Efektivitas adalah mengerjakan sesuatu dengan benar.



      B.      Proses Manajemen
Proses manajemen mencakup kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian.
1.      Perencanaan (Planning)
Perencanaan berarti kegiatan menetapkan tujuan organisasi dan memilih cara yang terbaik untuk mencapai tujuan tersebut.
2.     Pengorganisasian (Organizing dan Staffing)
Pengorganisasian dapat diartikan sebagai kegiatan mengoordinasi sumber daya, tugas, dan otoritas diantara anggota organisasi agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan cara yang efisien dan efektif.
3.     Pengarahan (Leading)
Pengarahan meliputi kegiatan memberi pengarahan (directing), memengaruhi orang lain (influencing), dan memotivasi orang tersebut untuk bekerja (motivating).
4.     Pengendalian (Controlling)
Pengendalian bertujuan melihat apakah kegiatan organisasi sesuai dengan rencana. Fungsi pengendalian meliputi empat kegiatan : (1) menentukan standar prestasi, (2) mengukur prestasi yang telah di capai selama ini (3) membandingkan prestasi yang telah di capai dengan standar prestasi, dan (4) melakukan jika ada penyimpangan dari standar prestasi yang telah ditentukan.
5.     Proses Manajemen dalam Praktik
Semua manajer melakukan empat fungsi yang telah dibicarakan (planning, organizing, leading, dan controlling).

           C.      Jenis-Jenis Manajemen
1.     Berdasarkan Hierarki
a.       Manajemen Puncak (Top Manajemen)
b.      Manajemen Menengah (Middle level Management)
c.       Manajemen Tingkat Bawah (Lower Level atau first line)
2.     Berdasarkan Fungsi
a.       Manajer Umum
b.      Manajer Fungsional
3.    Tingkat Manajemen dan Keterampilan Manajemen
4.     Keterampilan Analitis dan Konseptual

          D.      Peranan Manajerial (Managerial Role)
1.     Peranan Hubungan Manusiawi (Interpersonal Role)
a.      Peranan Figur Bapak (Figurehead)
b.      Peranan Pimpinan (Leader)
c.       Peranan Penghubung (Liaison)
2.       Peranan Informasi (Informational Roles)
a.       Monitor
b.      Diseminasi (Disseminator)
c.       Juru Bicara (Spokesman)
3.     Peranan Pengambil Keputusan (Decision Roles)
a.       Kewirausahawan (entrepreunership)
b.      Penyelesai Gangguan (Disturbance Handler)
c.       Pembagi sumber daya (resource allocator)
d.      Perunding (negotiator)

          E.       Tantangan Bagi Manajemen
1.       Pendidikan dan Pengalaman (Profesonalisme)
2.       Kebutuhan akan Visi
3.       Globalisasi
4.       Etika dan Tanggung Jawab Sosial



Sumber : Universitas Terbuka, Fekon, Rangkuman Mata Kuliah Manajemen
(EKMA4116)


Silakan Berkomentar yang Sopan, Komunikatif dan Membangun.
Terima Kasih atas Kunjungan Anda.

Emoticon