4 Tips Bermain Saham bagi Pemula masa kini – Educated12



Saham adalah salah satu penghasil uang yang sangat popular masa kini selain bekerja, Ketahuilah dalam bermain saham anda harus memahami seperti apa saham itu sendiri. Memang dalam bermain bisa menyebabkan kerugian besar, jika kita tidak mengetahui cara bermain saham.

Jika ingin bermain saham anda harus siap akan risikonya, seperti halnya jika ingin mendapatkan keuntungan yang besar tentunya bersedia mengambil risiko yang besar pula atau sebaliknya. Apabila risiko yang semakin besar menghasilkan keuntungan yang hanya kecil saja, berarti kita salah menerapkan strategi keuangan yang paling dasar .

“higher risk higher profit or lower risk lower profit”.

Nah untuk itu ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum bermain saham.
1.   Pahami dasar-dasar saham
Anda sudah memiliki keinginan untuk berinvestasi atau bermain saham, namun masih bingung atau tidak memiliki pengetahuan tentang bermain saham, anda bisa mendapatkan referensi misalnya melalui buku, browsing di internet, atau anda bisa masuk ke forum-forum pemain saham bahkan menemukan mentor yang baik agar anda lebih memahami cara bermain saham.

Perdagangan saham online mungkin menakutkan bagi trader pemula, tetapi dengan fondasi yang tepat dan investasi dana yang bertahap, Anda dapat mengharapkan untuk melihat hasil yang signifikan. Anda harus mempunyai keinginan yang cukup besar untuk bermain atau mengetahui cara bermain atau mempunyai keinginan yang kuat untuk memperoleh keuntungan dengan berinvestasi di pasar saham. Tips untuk membantu Anda membuat keputusan investasi yang cerdas. Jangan pernah menginvestasikan uang anda jika tidak mampu kehilangan. Buat keputusan sematang mungkin tentang apa yang dapat anda investasikan, dan mulailah dengan perlahan dan bertahap.



2. Pilih perusahaan yang akan diinvestasikan dan sudah terbukti
Jika anda ingin mengetahui perusahaan tempat anda berinvestasi, silakan buka website resmi seperti Bursa Efek Indonesia (BEI), lihat list perusahaan yang sudah terdaftar, selanjutnya pilahlah perusahaan yang memiliki prospek dan kinerja keuangan yang baik, lihat grafiknya Neraca, laporan laba rugi, laba tahunan dan kuartalan, dan rilis berita dari perusahaan, jika harga sahamnya masih berfluktuatif sebaiknya jangan karena kamu masih pemula. Seperti yang yang saya katakan di atas, sesuaikan dengan kemampuan anda untuk berinvestasi lakukan secara perlahan dan bertahap, dan belilah pada perusahaan yang sudah terbukti.

3. Mempersiapkan dana yang akan diinvestasikan dan Memulai  mendaftar
Untuk memulai bermain saham, mulailah dengan modal yang kecil karena kamu masih pemula, sekarang banyak broker yang menyediakan rekening khusus untuk investor yang bisa dibuka mulai dari Rp. 100 ribu. Setelah anda memiliki pengalaman mulailah berinvestasi dengan modal yang sedikit besar.

Dalam anda berinvestasi jangan lupa untuk mengontrol emosi anda agar tidak berdampak buruk pada permainan saham anda, karena banyak kejadian trader yang mengalami kerugian akibat tidak bisa menjaga emosi, kecerobohan dan keinginan yang tidak didasari dengan pikiran jernih, usahkan untuk selalu berpikir jernih dalam bermain saham dikala untung maupun rugi.

4.  Lihat pergerakkan ekonomi pasar dalam dan luar negeri
Pantau pergerakkan ekonomi pasar saat ini, mulai lah untuk memprediksi kemungkinan pergerakkannya. Prediksi laju pertumbuhan nasional penting untuk mengetahui ke mana arah pertumbuhan ekonomi, artinya apakah sedang boom, normal, atau depresi. Kalau ekonomi sedang mengalami pertumbuhan yang semakin meningkat, maka itulah saat yang tepat untuk berinvestasi, sebaliknya jika pertumbuhan ekonomi sedang megalami penurunan, maka sebaiknya keluar dari pasar, kecuali anda sudah biasa memilah dan punya pengalaman.

Perhatikan sentimen pasar, sentimen pasar seringkali menjadi penentu naik turunnya harga saham. Sentimen paling umum adalah indeks harga saham regional. Sentimen yang kedua, kejadian tertentu yang berpengaruh terhadap perusahaan dimana saham kita berada. Misalnya kenaikan harga komoditas tertentu dan pengaruhnya terhadap keuntungan perusahaan tempat kita berinvestasi. Sentimen ketiga adalah angka-angka perekonomian secara umum, misalnya laju pertumbuhan ekonomi, naik turunnya suku bunga, inflasi, pengangguran, sentimen, serta daya beli konsumen.

anda yang masih pemula praktikkan 4 hal diatas, semoga anda yang tadinya beginner menjadi cepat menjadi seorang professional bahkan ahli trader.



Silakan Berkomentar yang Sopan, Komunikatif dan Membangun.
Terima Kasih atas Kunjungan Anda.

Emoticon