Strategi Pemasaran produk adalah salah satu hal yang
penting menentukan performa perusahaan memberikan efek peningkatan pada nilai
penjualan untuk memperoleh omset yang maksimal. Strategi pemasaran produk
adalah suatu kegiatan yang harus dilakukan untuk memperkenalkan produk secara
lebih luas ke masyarakat.
Banyak dari kita yang masih bingung untuk memasarkan
produk, sehingga tidak sedikit yang memasarkan produk dengan cara yang salah
dan mengalami kerugian. Strategi pemasaran ini sedikit lebih berbeda dari
strategi penjualan penjualan, Strategi penjualan lebih menekankan pada produk,
sementara strategi pemasaran mengutamakan keinginan pelanggan, namun keduanya memiliki
tujuan yang sama yaitu untuk mendapatkan profit.
Dalam memasarkan produk pengusaha yang cerdas selalu
menyiapkan cara-cara strategi pemasaran yang kreatif, unik, inovatif sehingga
mudah menarik pelanggan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi agar pelanggan
tidak pindah kepada pesaing.
1.
Utamakan
Kualitas Produk dan Layanan Jasa
Sebelum memasarkan
produk anda harus memperhatikan kualitas produk serta pengemasan yang menarik
konsumen. Layanan jasa juga sangat di utamakan dalam hal ini misalnya pelayanan
yang ramah, tidak monoton, dan tidak juga berlebihan yang membuat calon
konsumen muak, bahkan risih. Intinya buat pemasaran produk yang menarik,
kreatif, dan unik sehingga calon konsumen merasa bahwa “ini dia barang yang gue butuhkan”.
Pelayanan yang baik ini juga untuk meningkatkan tingkat kepuasan
konsumen terhadap suatu produk yang dibeli, selain itu juga agar produk anda
lebih diminati di masa mendatang.
2.
Promosi
Saat peluncuran
produk baru para pengusaha melakukan berbagai pendekatan untuk menarik
konsumen. Pada penjualan mendasar lakukan strategi misalnya dengan promo diskon,
kupon, gratis ongkos kirim, atau beli 2 dapat 1 pada waktu-waktu tertentu. Promo
ini dapat anda promosikan di media sosial, iklan di televisi, surat kabar,
melalui spanduk-spanduk dan lain sebagainya. Penerapan promo ini dilakukan agar
pengunjung semakin banyak menyerbu produk milik anda sehingga produk anda lebih
dikenal oleh masyarakat luas dan untuk
membuat penjualan anda semakin meningkat dan mendapat keuntungan maksimal.
3.
Informasikan
Keuntungan-Keuntungan dari Produk anda
Menginformasikan
keuntungan-keuntungan kepada konsumen agar memiliki ketertarikan untuk membeli.
Berikan testimoni-testimoni mengapa konsumen perlu membeli produk anda. Misalnya
membeli produk anda lebih hemat karena harganya lebih terjangkau daripada
produk pesaing.
4.
Membuat
Program Khusus
Membuat program
khusus untuk membangun loyalitas konsumen, misalnya memberikan penghargaan
kepada pelanggan setia, penghargaan ini juga tidak harus berupa uang bisa juga
berupa produk-produk lain yang anda jual. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar
pelanggan tidak pindah ke produk pesaing. Membuat program khusus ini
dimaksudkan untuk menjaga kestabilan penjualan sehingga daur hidup produk anda
tetap terjaga.
- Baca Juga : 4 Tips Bermain Saham bagi Pemula masa kini
5.
Buat
Inovasi Baru dan Ekspansi.
Seiring penambahan
konsumen yang kian meningkat maka dilakukanlah inovasi baru dari produk yang
anda jual agar produk yang anda tawarkan memiliki nilai lebih dibanding
pesaing, maka peluang untuk konsumen membeli besar.
Setelah anda memiliki
keuntungan yang besar tidak salahnya jika dilakukan ekspansi ke daerah-daerah
lain agar memudahkan konsumen baru untuk membeli. Ekspansi ini dilakukan agar
produk anda lebih dikenal di daerah-daerah yang belum terjangkau.
Silakan Berkomentar yang Sopan, Komunikatif dan Membangun.
Terima Kasih atas Kunjungan Anda.
Emoticon