5 Strategi-Strategi Utama Pemasaran Produk yang Paling Baik - Educated12


Strategi Pemasaran produk adalah salah satu hal yang penting menentukan performa perusahaan memberikan efek peningkatan pada nilai penjualan untuk memperoleh omset yang maksimal. Strategi pemasaran produk adalah suatu kegiatan yang harus dilakukan untuk memperkenalkan produk secara lebih luas ke masyarakat.

Banyak dari kita yang masih bingung untuk memasarkan produk, sehingga tidak sedikit yang memasarkan produk dengan cara yang salah dan mengalami kerugian. Strategi pemasaran ini sedikit lebih berbeda dari strategi penjualan penjualan, Strategi penjualan lebih menekankan pada produk, sementara strategi pemasaran mengutamakan keinginan pelanggan, namun keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mendapatkan profit.

Dalam memasarkan produk pengusaha yang cerdas selalu menyiapkan cara-cara strategi pemasaran yang kreatif, unik, inovatif sehingga mudah menarik pelanggan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi agar pelanggan tidak pindah kepada pesaing.

1.  Utamakan Kualitas Produk dan Layanan Jasa
Sebelum memasarkan produk anda harus memperhatikan kualitas produk serta pengemasan yang menarik konsumen. Layanan jasa juga sangat di utamakan dalam hal ini misalnya pelayanan yang ramah, tidak monoton, dan tidak juga berlebihan yang membuat calon konsumen muak, bahkan risih. Intinya buat pemasaran produk yang menarik, kreatif, dan unik sehingga calon konsumen merasa bahwa “ini dia barang yang gue butuhkan”. Pelayanan yang baik ini juga untuk meningkatkan tingkat kepuasan konsumen terhadap suatu produk yang dibeli, selain itu juga agar produk anda lebih diminati di masa mendatang.

2.  Promosi
Saat peluncuran produk baru para pengusaha melakukan berbagai pendekatan untuk menarik konsumen. Pada penjualan mendasar lakukan strategi misalnya dengan promo diskon, kupon, gratis ongkos kirim, atau beli 2 dapat 1 pada waktu-waktu tertentu. Promo ini dapat anda promosikan di media sosial, iklan di televisi, surat kabar, melalui spanduk-spanduk dan lain sebagainya. Penerapan promo ini dilakukan agar pengunjung semakin banyak menyerbu produk milik anda sehingga produk anda lebih dikenal oleh masyarakat luas dan  untuk membuat penjualan anda semakin meningkat dan mendapat keuntungan maksimal.

3.  Informasikan Keuntungan-Keuntungan dari Produk anda
Menginformasikan keuntungan-keuntungan kepada konsumen agar memiliki ketertarikan untuk membeli. Berikan testimoni-testimoni mengapa konsumen perlu membeli produk anda. Misalnya membeli produk anda lebih hemat karena harganya lebih terjangkau daripada produk pesaing.

4.  Membuat Program Khusus
Membuat program khusus untuk membangun loyalitas konsumen, misalnya memberikan penghargaan kepada pelanggan setia, penghargaan ini juga tidak harus berupa uang bisa juga berupa produk-produk lain yang anda jual. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar pelanggan tidak pindah ke produk pesaing. Membuat program khusus ini dimaksudkan untuk menjaga kestabilan penjualan sehingga daur hidup produk anda tetap terjaga.


5.  Buat Inovasi Baru dan Ekspansi.
Seiring penambahan konsumen yang kian meningkat maka dilakukanlah inovasi baru dari produk yang anda jual agar produk yang anda tawarkan memiliki nilai lebih dibanding pesaing, maka peluang untuk konsumen membeli besar.

Setelah anda memiliki keuntungan yang besar tidak salahnya jika dilakukan ekspansi ke daerah-daerah lain agar memudahkan konsumen baru untuk membeli. Ekspansi ini dilakukan agar produk anda lebih dikenal di daerah-daerah yang belum terjangkau.



Silakan Berkomentar yang Sopan, Komunikatif dan Membangun.
Terima Kasih atas Kunjungan Anda.

Emoticon