TUGAS 2 BAHASA INDONESIA (MKDU4110) - Educated12


1.      Apa arti Tuman?
Jawab :
tuman adalah istilah Jawa yang memiliki banyak makna, namun berkaitan dengan sifat. Mudahnya, tuman bisa diartikan sebagai sebuah kebiasaan (tingkah laku). Sejatinya, makna tuman ini biasa dipakai dalam percakapan sehari-hari. Percakapan yang dimaksud tersebut adalah percakapan dalam bahasa Jawa dan bahasa Sunda. Menurut Kamus Lengkap Jawa-Indonesia, tuman berarti terbiasa, selalu senang akan, ingin mengulangi lagi (karena sudah pernah merasakan enaknya). Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tuman berasal dari kata tu·man yang artinya menjadi biasa (suka, gemar, dsb) sesudah merasai senangnya, enaknya, agar tidak berbuat begitu, hajarlah ia kalau kebetulan ketahuan sedang berbuat. Jadi, tuman adalah sebuah umpatan atau ungkapan kesal yang ditujukan kepada seseorang karena tingkah laku atau kebiasaan buruknya.


2.      Apa arti Meme dan jelaskan singkat sejarah Meme?
Jawab :
Dalam KBBI, meme diartikan sebagai ide, perilaku, atau gaya yang menyebar dari satu orang ke orang lain dalam sebuah budaya. Meme juga diartikan sebagai cuplikan gambar dari acara televisi, film, dan sebagainya atau gambar-gambar buatan sendiri yang dimodifikasi dengan menambahkan kata-kata atau tulisan-tulisan untuk tujuan melucu dan menghibur. Meme sendiri merupakan neologisme yang diciptakan oleh Richard Dawkins. Kata meme pertama kali diperkenalkan oleh Dawkins melalui bukunya yang berjudul The Selfish Gene pada tahun 1976. Dawkins menggunakan istilah meme guna mendefinisikan lahirnya budaya dengan anggapan terjadinya merupakan bentukan dari banyak replikator. Hipotesisnya adalah manusia seharusnya melihat kelahiran budaya berasal dari banyaknya bentukan replikator, yang umumnya mereplikasi melalui hubungan dengan manusian, yang telah berevolusi sebagai peniru (walaupun tidak sempurna) (copy) informasi maupun prilaku yang efisien. Meme sendiri dipercaya telah ada sejak ribuan tahun yang lalu, namun belum banyak yang mengetahui maksud atau makna sebenarnya yang terdapat dalam meme yang dapat menunjang berkomunikasi antar manusia. Wired pada tahun 1993 telah mendefinisikan meme sebagai sebuah gagasan yang menular, sama seperti virus yang melompat dari satu tubuh ke tubuh lainnya, namun istilah itu kurang populer hingga akhirnya tahun 2012 meme mulai dikenal.  

3.      Meme merupakan bentuk dari kritik sosial, jelaskan pernyataan ini!
Jawab :
Meme merupakan bentuk dari kritik sosial maksudnya adalah meme sebagai alat untuk menyampaikan keluh kesah masyarakat tentang keadaan yang sedang terjadi saat ini. Penyampaian segala kritik serta keluh kesah dituangkan kedalam bentuk meme karena sulit atau bahkan tidak memungkinkan untuk masyarakat menyampaikan hal-hal tersebut secara langsung kepada pemegang kekuasaan. Pun, meme digunakan sebagai bentuk kritik sosial karena meme merupakan sarana penyampaian informasi yang menggunakan media gambar atau tulisan dengan tujuan menghibur dan mengandung pesan yang disampaikan mudah dimengerti oleh pembaca. Dengan bentuk yang menghibur dan informatif, diharapkan munculnya kesadaran masyarakat akan suatu permasalahan.  

4.      Mengapa Meme Tuman tersebut sangat cepat menyebar? Berikan alasan!
Jawab :
Seperti yang dikemukakan oleh Wired (1993) bahwa meme merupakan sebuah gagasan yang menular, sama seperti virus yang melompat dari satu tubuh ke tubuh lainnya, meme ‘tuman’ dengan cepat menyebar karena gagasan yang terkandung dalam meme itu sendiri. Karena tuman berarti terbiasa, selalu senang akan, ingin mengulangi lagi (karena sudah pernah merasakan enaknya), banyak orang yang menggunakan meme ini sebagai sebuah bentuk pesan bagi orang-orang yang berlaku seenaknya. Meme ini juga dengan cepat menyebar karena diilustrasikan dalam bentuk seseorang menampar orang lain.

Semoga dapat membantu anda dalam mengerjakan Tugas 2 Bahasa Indonesia, terima kasih.


Silakan Berkomentar yang Sopan, Komunikatif dan Membangun.
Terima Kasih atas Kunjungan Anda.

Emoticon