Apa yang dimaksud dengan Multi Level Marketing? – Educated12


Multi Level Marketing lebih dikenal sebagai pemasaran jaringan. Multi Level Marketing adalah jenis bisnis di mana waralaba dan penjualan langsung yang digabungkan sekaligus dalam pemasaran. Bisnis ini menjadikan seseorang terikat dengan perusahaan dalam pendekatan transaksi independen. Pendekatan transaksi independen adalah pendekatan di mana perusahaan menciptakan hubungan kontak dengan orang yang ingin memperluas bisnisnya.

Para anggotanya mendapat penghasilan berdasarkan pada penjualan yang telah mereka capai dalam produk atau layanan tertentu. Selain penghasilannya mereka dapatkan dari penjualan, mereka juga mendapatkan penghasilan dari perekrutan anggota untuk bergabung dalam bisnis. Semakin banyak orang yang direkrut maka semakin besar pula penjualan produk dan kompensasi yang diberikan pada transaksi dalam dua bidang yang berbeda.

Skema yang biasa digunakan untuk bisnis ini yaitu "skema piramida" atau “skema Ponzi” , skema ini juga sering dianggap illegal karena citra buruk yang dibawanya. Banyak orang mengasosiasikan dirinya pada Multi Level Marketing dengan skema ini karena mereka juga mengakui diri sebagai bisnis jaringan yang sah. Ada juga yang lebih suka menggunakan nama untuk bisnis sebagai "waralaba bisnis berbasis rumah" atau "pemasaran afiliasi".


Komisi diperoleh dalam proses penjualan produk atau layanan tertentu dalam pemasaran jaringan yang sah karena tidak ada penghasilan yang  disebut sebagai "biaya pendaftaran" atau hanya merekrut diri sendiri. Pemasaran Multi Level Marketing ini selalu dikritik karena proses rekrutmen yang sering dipertanyakan di mana mereka mendapatkan pendapatan dan laba. Mereka mendapatkan kompensasi penjualan dari anggota dan anggota baru, yang dianggap sebagai pengguna akhir produk dan sebagai distributor.

Kritik ini menyebabkan perubahan besar dalam multi level marketing pada awal 1980-an ketika banyak perusahaan mulai mengizinkan anggotanya untuk berkonsentrasi hanya pada pemasaran dan bukan pada mendistribusikan atau menyimpan produk. Sebagian besar perusahaan multi level marketing saat ini bekerja sebagai perusahaan pemenuhan dengan mengambil tugas pengiriman produk, membayar komisi dan menerima pesanan dari klien mereka.

Banyak orang yang menjadi korban skema ilegal dalam pemasaran multi level yang mengharuskan membeli produk yang mahal, tetapi sebagian besar pemasaran multi level  ini tidak akan bertahan lama karena sebagian besar proses penjualan tidak mudah dijual kembali.



Silakan Berkomentar yang Sopan, Komunikatif dan Membangun.
Terima Kasih atas Kunjungan Anda.

Emoticon