TUGAS 2 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (MKDU4111) - EDUCATED12



1.     Mengapa Polstranas merupakan suatu kebijakan nasional dalam menentukan cita cita, dan tujuan, bangsa untuk mewujudkan dan menjalankan/ mengawal pembangunan bangsa jelaskan ?
Jawab :
Karena Politik Nasional merupakan asas, haluan, dan kebijaksanaan negara tentang pembinaan serta penggunaan potensi nasional dalam bangsa untuk mencapai tujuan nasional. Politik nasional mencakup politik dalam negeri, politik ekonomi, politik pertahanan dan keamanan. Faktor yang mempengaruhi politik nasional adalah ideologi, ekonomi, sosial budaya dan Hankam. Stranas adalah tata cara untuk melaksanakan politik/kebijaksanaan nasional untuk mencapai sasaran dan tujuan nasional. Kebijaksanaan nasional yaitu rencana alokasi sumber kemampuan bangsa, dari rincian langkah-langkah dan
tahapan waktu yang diperlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan nasional. Landasan politik dan strategi nasional ialah Tannas, Wasantara, UUD 1945, dan Pancasila.

2.   Apakah ada perbedaan strategi Polstranas dari tiap pimpinan pemerintahan pada setiap pergantian jabatan pemerintahan, misalnya orde lama  ke orde baru,  orde reformasi jelaskan kalau ada. tiap tiap periode menekankan pada bidang apa  jelaskan ?
Jawab :
Ada, Strategi Polstranas dari tiap pimpinan pemerintah setiap pergantian jabatan sangat berbeda dan mengalami perubahan serta pembaharuan dari orde lama ke orde baru. masa Orde Lama yaitu pemerintahan Soekarno (1945-1965), masa Orde Baru yaitu kepemimpinan Soeharto (1966-1998), masa Reformasi (1999-2003) dan masa Pasca Reformasi (2004-sekarang).
Tiap-tiap periode menekankan pada bidang seperti Orde Lama menekanan ke bidang  politik (periode kepemimpinan Soekarno tahun 1945-1965) menurut UUD 1945 adalah Kepala Negara sekaligus Kepala Pemerintahan (presidensiil/single executive), namun pada masa revolusi kemerdekaan (November 1945) berubah menjadi semi-presidensiil/double executive dengan Sutan Syahrir sebagai Kepala Pemerintahan/Perdana Menteri. Polstranas pada masa-masa ini sangat kental dengan unsur-unsur kediktatoran, karena politik dan strategi nasional hanya berpusat pada satu orang, tanpa kontrol yang memadai dari pihak manapun.
Orde Baru ke bidang pembangunan infrastruktur (Kepemimpinan Presiden Soeharto tahun 1966-1998) Soeharto menggunakan GBHN sebagai acuan politik dan strategi nasional yang sebelumnya telah disusun oleh MPR. Sebagian besar anggota MPR pada masa itu adalah orang-orang pilihan Soeharto sehingga dapat dipastikan bahwa polstranas pada saat itu adalah polstranas pesanan Soeharto. Pemerintahan yang dipimpinnya memang sukses dalam memajukan ekonomi makro, namun ekonomi mikro sangat lemah. Pembangunan cenderung berpusat di pemerintahan pusat.
Orde Reformasi ke bidang kebebasan pers (Presiden B. J. Habibie Pada tahun 1998-1999, Abdurrahman Wahid tahun 1999-2001, dan Megawati Soekarno Putri tahun 2001-2004 sebagai Presiden Republik Indonesia ) Masa-masa ini merupakan masa euphoria reformasi. Indonesia seperti dilahirkan kembali, menjadi sebuah bangsa yang terbebas dari berbagai macam ketidakadilan pemerintah. Reformasi dipublikasikan di segala bidang. Selama kurang lebih enam tahun masa reformasi ini polstranas Indonesia masih mengacu kepada GBHN yang dibuat dan ditetapkan oleh MPR,
Orde Pasca Refomasi menekankan ke bidang sektor hukum dan politik etnis, bidang hubungan international,bidang swasembada dan kedaulatan hukum ( kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tahun 2004-2014) menandai pula perubahan dalam perumusan polstranas. Pada masa ini polstranas disusun berdasarkan visi dan misi langsung Presiden dalam pidato kenegaraan di hadapan segenap anggota MPR, DPR dan anggota lembaga tinggi negara lainnya.





3.   Apakah negara luar dapat mempengaruhi Polstranas,  kalo ada contohkan dan jelaskan.
Jawab :
Ya dapat mempengaruhi, contohnya dalam bidang sosial budaya pengaruh kebudayaan barat yang sangat kuat di Indonesia dapat membuat generasi bangsa menjadi kebarat-baratan dan bisa membuat lupa terhadap jati dirinya sebagai bangsa Indonesia jika tidak bisa memfilternya dengan baik. Sebagai contoh gaya fashion anak muda zaman sekarang lebih melihat trand centernya pada gaya fahion luar yang berpakaian yang tidak sopan dan tidak pantas untuk dikenakan dan anak muda zaman sekarang tidak bisa menghormati orang tua dan suka membentak orang tua.
Sebenarnya jika anak muda bisa menyaringnya dengan baik bisa saja dari sisi positif dapat diambil dari budaya luar dan mengaplikasikannya sesuai dengan budaya di Indonesia.

4.   Landasan Polstranas adalah Pancasila, UUD 45, Wasantara,  dan Tannas, kenapa? jelaskan satu satu. ?
Jawab :
Karena Pancasila merupakan dasar dan pedoman untuk mencapai suatu tujuan Polstranas, Pancasila memberikan arah atau haluan (pola umum) dan tata cara dalam pelaksanaannya. Jadi Pacasila merupakan asas, haluan, dan kebijaksanaan negara tentang pembinaan serta penggunaan potensi nasional dalam bangsa untuk mencapai tujuan nasional.

5.    menurut anda pandangan anda menekankan pada Bidang apa Polstranas saat ini ( kepemimpinan Presiden Jokowi ) silahkan ....
Jawab :
Jokowi Widodo dalam pemerintahannya lebih menekankan pada Pembangunan dan Ekonomi. Seperti yang kita lihat sekarang beliau agresif membangun infrastruktur transportasi yang dilalaikan oleh pemerintahan sebelumnya dengan target menurunkan ‘biaya logistik’ di Indonesia. Aktif memulai pembangunan di Papua dan keberpihakan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla terhadap daerah tertinggal lain di Indonesia. Agresif dan konsisten memberantas ilegal fishing. Kemudian, aktif membangun dan menyelesaikan berbagai bendungan dan irigasi untuk membangun ketahanan pangan Indonesia. Berupaya nyata meningkatkan produktifitas petani dan menekan impor pangan, kontras dengan pemerintahan sebelumnya yang sangat agresif melakukan impor pangan.



Silakan Berkomentar yang Sopan, Komunikatif dan Membangun.
Terima Kasih atas Kunjungan Anda.

Emoticon