TUGAS 1 BAHASA INDONESIA (MKDU4110) - Educated12



1.    Coba Anda utarakan sikap Anda mengenai penggunaan bahasa Indonesia di media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram yang cenderung menggunakan bahasa Indonesia yang banyak singkatan, angka, tanda baca berlebih, bahasa alay, dan yang menyinggung SARA.
Jawab :
Menyikapi hal tersebut tentunya saya sangat sedih melihatnya jika bahasa Indoensia tidak di aplikasikan dengan baik, seharusnya dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar  adalah pemilihan kata yang tepat tidak asal-asalan (kata baku Bahasa Indonesia), mengacu pada ejaan yang disempurnakan, penggunaan tanda baca yang tepat, menggunakan bahasa yang sopan santun, tidak menyinggung pihak manapun, memberikan kritik dan saran yang baik,  dan intonasi yang baik. Hal tersebut kita lakukan agar negara lain tahu dan mengerti seperti apa Bahasa Indonesia yang sesungguhnya.

2.  Untuk bunyi suara dari hewan tentu tiap negara berbeda seperti hewan anjing di Indonesia gonggongannya berbunyi “guk guk’ di Jepang “wang wang’, serta di Korea “mang mang.” Penyebab perbedaan bunyi onomatope tersebut menurut Anda adalah....
Jawab :
Menurut saya penyebab perbedaan bunyi tersebut adalah.
1.      Letak Geografis
Letak Geografisnya sangat menentukan bunyi onomatope hewan karena dipengaruhi iklim dan cuaca yang berbeda dari negara satu dan yang lainnya.
2.      Gen
Gen hewan juga sangat berperngaruh terhadap bunyi onomatope karena sudah ada dari nenek moyangnya
3.      Kebiasaan
Faktor kebiasaan juga sangat berpengaruh pada bunyi onomatope, misalnya anak anjing terbiasa mendengar induknya mengonggong jadi anaknya juga bisa meniru bunyi onomatopenya.
4.      Perbedaan Bahasa Negara
Bahasa negara juga sangat menentukan bunyi onomatope misalnya beberapa orang melakukan percakapan seperti berteriak, tertawa, marah (nada keras) dan sebagainya, hal tersebut juga bisa berpengaruh pada bunyi onomatope pada hewan anjing karena dengan tidak sengaja hewan anjing juga bisa menirunya.

Semoga dapat membantu anda dalam mengerjakan Tugas 1 Bahasa Indonesia, terima kasih.


Silakan Berkomentar yang Sopan, Komunikatif dan Membangun.
Terima Kasih atas Kunjungan Anda.

Emoticon