TUGAS 1 PENGANTAR AKUNTANSI (EKMA4115) - Educated12



1.      Apa yang anda ketahui tentang persamaan akuntansi dan berikan contoh transaksi beserta penyelesaiannya  (Minimal 3 Transaksi + jawaban).
2.      Pada saat menyusun laporan keuangan, perusahaan harus melampirkan daftar tanah dan bangunan yang dimilikinya, Lampiran seperti ini dalam laporan keuangan termasuk dalam bagian laporan keuangan yang mana?
3.      Mengapa buku jurnal  dikenal dengan istilah book of original entry ?
4.      Apakah Neraca Lajur merupakan bentuk laporan keuangan yang resmi ?

Jawaban :
1.      Persamaan dasar akuntansi atau persamaan akuntansi adalah sebuah persamaan matematis yang menyatakan hubungan antara komponen-komponen dalam akuntansi yang disebut dengan akun misalnya aset (harta), liabilitas (kewajiban), ekuitas (modal).
contoh : 
- modal awal 10.000.000
jurnalnya Kas dan modal bertambah sebesar 10.000.000

- pembelian peralatan secara tunai sebesar 5.000.000
jurnalnya Kas berkurang 5.000.000
peralatan bertambah 5.000.000

-dibayar sewa toko sebesar 200.000 untuk bulan April
jurnalnya Kas dan modal berkurang sebesar 200.000

2.      Terdapat 4 jenis laporan keuangan yang bisa digunakan dalam membuat laporan keuangan suatu perusahaan, yaitu:
1. Laporan laba rugi, laporan ini akan menjabarkan unsur - unsur pendapatan dan beban suatu perusahaan.
2. Laporan perubahan modal, laporan ini akan menunjukkan besarnya perubahan modal yang telah terjadi dalam kurun waktu yang sudah disepakati oleh perusahaan, laporan ini juga di jelaskan tentang penyebab terjadinya perubahan.
3. Laporan neraca, laporan ini akan menunjukkan kondisi, informasi, atau posisi keuangan bisnis disuatu perusahaan pada waktu atau tanggal tertentu. Laporan ini melampirkan aset yang dimiliki oleh perusahaan tersebut selain aset perusahaan juga melampirkan liabilitas dan ekuitas.
4. Laporan arus kas merupakan jenis laporan  yang digunakan untuk menunjukkan aliran dari masuknya kas dan keluarnya kas dalam perusahaan pada suatu periode akuntansi.
Jadi Laporan tersebut termasuk kedalam Laporan Neraca.
3.      Jurnal disebut juga ‘book of original entry’ (buku catatan pertama), karena setiap transaksi yang terjadi dalam perusahaan harus dicatat dahulu dalam jurnal sebelum dibukukan dalam buku besar.
Fungsi Jurnal :
1.      Fungsi mencatat
Jurnal merupakan alat untuk mencatat semua transaksi yang terjadi secara keseluruhan berdasarkan bukti dokumen yang ada.
2.      Fungsi historis
Jurnal merupakan alat untuk mencatat semua transaksi yang terjadi sesuai dengan urutan waktunya (kronologis).
3.      Fungsi analisis
Jurnal merupakan hasil analisis dari bukti-bukti transaksi sehingga jelas letak debet / kredit dari akun yang akan dicatatkan beserta jumlahnya.
4.      Fungsi instruktif
Jurnal merupakan instruksi atau perintah untuk melakukan pemindahbukuan (posting) ke dalam buku besar.

4.      Neraca lajur bukanlah suatu bentuk laporan keuangan yang resmi. Namun penggunaan neraca lajur akan mempermudah penyusunan laporan keuangan secara teliti dan tepat waktu. Neraca lajur tidak dapat menggantikan laporan keuangan dan bukan pula merupakan bagian dari laporan keuangan, namun merupakan alat informil yang untuk mengumpulkan dan menyortir informasi yang diperlukan dalam penyusunan laporan keuangan. Penyesuaian dengan menggunakan neraca lajur dapat memberikan kepastian yang cukup besar bahwa rincian yang berkaitan dengan informasi akuntansi pada akhir periode dan penyusunan laporan keuangan telah diperhitungkan secara tepat.

Semoga dapat membantu anda dalam mengerjakan Tugas 1 Pengantar Akuntansi, terima kasih.


Silakan Berkomentar yang Sopan, Komunikatif dan Membangun.
Terima Kasih atas Kunjungan Anda.

Emoticon