Manfaat-Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh - Educated12


Vitamin C  merupakan Vitamin yang paling terkenal saat ini. Tidak heran jika tubuh sangat membutuhkan vitamin c untuk lebih dari 300 fungsi. Bahkan, vitamin c telah terbukti mampu membantu melindungi terhadap penyakit jantung, kanker, dan penyakit serius lainnya. 

Tanpa vitamin c tubuh tidak dapat menyembuhkan dengan sendirinya, hal tersebut karena vitamin c sangat penting dalam pembentukan kolagen. Setiap kali kita memiliki luka atau cedera maka kolagenlah yang membantu memperbaiki kerusakan dengan vitamin c yang cukup, dan tanpa vitamin c yang cukup maka hal tersebut proses penyembuhannya lama. Kolagen memiliki banyak fungsi dalam tubuh kita, termasuk menjaga organ ditempatnya dan itu tidak dapat dilakukan jika kekurangan vitamin c.



    Vitamin c juga berperan sebagai antioksidan bagi tubuh membantu vitamin dan mineral lain untuk diserap dengan baik, misalnya Asam folat dan zat besi, membutuhkan vitamin c untuk memaksimalkan kegunaannya. Semakin banyak vitamin yang dimiliki tubuh, semakin baik pula pertahanannya baik itu melawan pilek dan penyakit umum lainnya . vitamin c mungkin tidak mencegah seseorang menangkap virus tetapi itu membantu mempercepat proses pemulihan.

    Vitamin c hampir dimiliki setiap buah dan sayuran namun ada beberapa yang memiliki kandungan vitamin c jauh lebih tinggi daripada yang lain. Cranberry, jeruk, melon memiliki kandungan vitamin c yang tinggi. Bahkan, buah-buahan yang tumbuh di daerah tropis memiliki jumlah vitamin c tertinggi dari semua buah. 

    Cabai merah adalah salah satu sumber vitamin c terkaya dalam jenis sayuran. Semakin panas seperti lada, maka semakin tinggi pula kandungan vitamin c didalamnya. Namun sangat disayangkan, vitamin c larut dalam air sehingga ketika memasak sayuran, banyak sayuran kehilangan keefektifannya sebagai penyedia vitamin c jika mereka dimasak untuk waktu yang lama. Jumlah harian vitamin c yang direkomendasikan mudah anda dapatkan yaitu dari makan lima porsi buah dan sayuran sehari jika dikonsumsi mentah atau dimasak dengan waktu sebentar saja.

    Suplemen vitamin c sangat berguna untuk mencukupi asupan vitamin c bagi tubuh. Namun, dengan diet seimbang, jumlah vitamin yang diterima tubuh akan cukup. jika mulai merasa lelah atau lesu maka suplemen vitamin c akan membantu mengatasi hal ini. Jadi cukupi asupan vitamin c agar pertahanannya tubuh anda lebih baik.



    Silakan Berkomentar yang Sopan, Komunikatif dan Membangun.
    Terima Kasih atas Kunjungan Anda.

    Emoticon