Manfaat-Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh - Educated12


Vitamin A diberikan huruf pertama dari alfabet untuk nama karena itu adalah vitamin pertama yang ditemukan. Ditemukannya vitamin A ternyata memiliki manfaat atau kegunaan bagi tubuh seperti menjaga mata tetap sehat, membantu pertumbuhan sel dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, vitamin A tidak hanya diserap secara langsung tetapi juga dapat dibuat oleh tubuh kita dengan mengubah beta karoten menjadi vitamin A.

Vitamin A sendiri dapat ditemukan dalam sejumlah makanan seperti telur, susu, hati dan daging. Beta karoten yang dapat diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dapat ditemukan pada buah-buahan dan sayur-sayuran, terutama yang berwarna merah, oranye dan hijau. Hal terpenting yang perlu diingat bahwa mengkonsumsi terlalu banyak vitamin A murni bisa menjadi racun bagi tubuh. Sangat penting untuk diperhatikan agar tidak melebihi jumlah harian yang direkomendasikan untuk vitamin A. 


Tunjangan yang disarankan untuk vitamin A bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin dan faktor lainnya. Sementara jumlah sebenarnya vitamin A yang dikonsumsi mungkin beracun jika tunjangan harian yang disarankan terlampaui, ada batas yang jauh lebih tinggi untuk berapa banyak beta karoten yang dapat dikonsumsi . Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berkonsentrasi untuk mendapatkan jumlah beta karoten terbesar yang kemudian diubah oleh tubuh menjadi vitamin A, daripada mengkonsumsi sejumlah besar makanan kaya vitamin A murni.
Berikut Kebutuhan harian Vitamin A : 
·       Usia 0-6 bulan : 400 micrograms/ hari (mcg/hari)
·       Usia 7-12 bulan : 500 mcg/hari
·       Usia 1-3 tahun : 300 mcg/hari
·       Usia 4-8 tahun : 400 mcg/hari
·       Usia 9-13 tahun : 600 mcg/hari
·       Laki-laki berusia diatas 14 tahun : 900 mcg/hari
·       Perempuan berusia diatas 14 tahun : 700 mcg/hari (selama masa kehamilan 770 mcg/hari dan selama masa menyusui 1300 mcg/hari).

Banyak orang menggangap bahwa makan banyak wortel dapat memperbaiki penglihatan anda, sebenarnya tergantung yang dihasilkan dari tingginya kadar beta karoten yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayur-sayuran yang kemudian dikonversi menjadi vitamin A. Makanan lain yang memiliki kadar beta karoten tinggi yang dapat dikonversi menjadi vitamin A termasuk tomat dan sayuran berdaun hijau gelap, seperti bayam. Beta karotene tidak hanya digunakan untuk membentuk vitamin A, tetapi juga merupakan antioksidan kuat yang sangat berguna bagi tubuh kita. Tak satu pun dari beta karoten yang diserap kemudian terbuang karena kelebihan, beta karotene setelah dikonversi ke vitamin A digunakan untuk melawan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh. 

Vitamin A juga membantu melawan infeksi dan penyakit dengan membantu jaringan yang melapisi berbagai bagian tubuh, termasuk mata, mulut, hidung, tenggorokan dan paru-paru, untuk tumbuh dan juga untuk memperbaikinya jika mereka rusak untuk mencegah infeksi. Anak-anak juga membutuhkan banyak vitamin A untuk membantu tulang dan gigi mereka berkembang dengan baik.



Silakan Berkomentar yang Sopan, Komunikatif dan Membangun.
Terima Kasih atas Kunjungan Anda.

Emoticon