Manfaat-Manfaat dari Pijat atau Urut bagi Kesehatan - Educated12


Tentunya anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya pijat, baik pijat tradisional maupun modern. Pijat tidak hanya disukai oleh masyarakat biasa namun beberapa artis besar suka melakukan pijat. Bahkan sekarang ini banyak klinik-klinik yang membuka jasa pemijatan bagi yang ingin memanjakan diri.

pijat dalam istilah ilmiah adalah proses menekan struktur otot dan jaringan lunak di tubuh untuk relaksasi. Tekanan dalam hal ini dapat berarti banyak hal, dari memegang dan menekan untuk menguleni dan mengayun. Pijat terutama dilakukan dengan tangan meskipun beberapa terapis pijat juga menggunakan bagian lain dari tubuh mereka seperti lengan bawah, siku dan kaki.

Popularitas pijat sendiri sebenarnya tidak mengejutkan lagi terutama bagi anda yang penuh tekanan seperti bekerja, kuliah, mengurus rumah tangga, sekolah bahkan hal-hal lain yang membuat ketegangan otot. Banyak orang beralih ke  pijat untuk relaksasi dan regenerasi. Selain manfaat fisiknya itu, pijat juga dikenal untuk meningkatkan kesejahteraan pikiran dan jiwa secara keseluruhan.

Berikut manfaat yang diperoleh dari pijat.
1.     Mengurangi kelelahan di badan
Pijat bisa mengurangi kelelahan dibadan dengan memberikan sedikit tekanan yang kuat pada bagian otot yang tegang, ketika dilakukan pijat akan memberikan manfaat berupa stimulasi pada otak yang bertugas melepas kelelahan di badan, sehingga membuat tubuh menjadi lebih ringan, nyaman, dan segar.

2.   Meredakan rasa sakit
Manfaat lain dari pijat adalah fakta bahwa itu dapat melonggarkan otot-otot yang ketat terutama jika Anda sering mengalami kram di kaki, tangan, atau bagian-bagian tubuh yang terasa nyeri. Ini sangat berguna bagi orang-orang yang menyukai olahraga atau mereka yang menjalankan gaya hidup aktif.


3.   Membuat kulit cerah
Pijat sangat bagus untuk kulit karena merangsang pelepasan racun dan hormon. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan pijat sebagai kemampuan menurunkan kemungkinan produksi kerutan.

4.   Mengeluarkan Racun dalam tubuh
Pijat yang benar dapat mengaktifkan kelenjar getah bening, saat kelenjar getah bening berproses mengangkut sisa cairan, di situlah racun bisa terbawa dan terbuang dari dalam tubuh.

5.    Membuat otot lebih fleksibilitas
Orang-orang yang menyukai olahraga juga bisa mendapatkan banyak manfaat dari terapi pijat. Jika Anda merasa otot Anda tegang, pijat dapat meningkatkan fleksibilitas Anda dan juga meningkatkan jangkauan gerak Anda. Jika Anda mendapatkan pijat setiap saat, Anda akan melihat bahwa sekarang dapat melakukan gerakan yang menyakitkan untuk dilakukan sebelumnya lebih lentur dan tidak kaku.

6.   Mengurangi Kecemasan dan stress
Anda sering merasa cemas ? coba anda lakukan pijat, pijat mampu mengurangi kecemasan yang berlebih. Pijat mampu membantu kondisi psikologi yang terganggu, secara tidak langsung yang berhubungan dengan semangat anda, jadi setelah dilakukan pemijatan anda akan merasa lebih santai dan lega.

7.    Meningkatkan kemampuan mental
Pijat juga merupakan cara bagus untuk meningkatkan kinerja mental Anda. Pijat ini dapat mengurangi tekanan mental, memungkinkan Anda untuk bekerja lebih baik dan berpikir lebih jernih. Ia juga dikenal untuk meredakan sakit kepala. Pijat juga memungkinkan Anda untuk berkonsentrasi lebih baik pada setiap aktivitas-aktivitas yang dijalani. Selain itu juga pijat dapat memperbaiki kualitas tidur anda, menyehatkan sistem pernafasan, dan mengoptimalkan fungsi tubuh.




Silakan Berkomentar yang Sopan, Komunikatif dan Membangun.
Terima Kasih atas Kunjungan Anda.

Emoticon